2.2.a.9. Aksi Nyata - Modul 2.2 Pertanyaan Panduan


Berikut adalah pertanyaan panduan yang dapat Bapak/Ibu gunakan:

1. Apa yang Bapak/Ibu lihat dalam proses tersebut ? (Peristiwa)

Pada modul 2.2. Pembelajaran Sosial dan Emosional mengajarkan banyak hal terkait dengan pengelolaan pribadi sebagai individu dan hubungan individu dengan orang lain. Sebelumnya saya berpikir bahwa PSE merupakan pembelajaran yang harus diajarkan oleh guru yang memiliki keahlian dibidangnya misalnya ditingkat sekolah gurunya yang pernah mengampuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling (BK). Ternya PSE dapat diajarkan dan diterapkan oleh siapapun dalam mengontrol diri baik sebagai individu maupun kelompok untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman baik sebagai nurid dan PTK secara khusus maupun semua warga sekolah.

2. Apa yang Bapak/Ibu rasakan sehubungan dengan proses yang Anda alami ? (Perasaan)

Setalah saya mempelajari dan menerapkan dalam proses belajar mengajar terkait dengan Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) di kelas dan sekolah, menumbuhkan suatu persaan senang meski dalam prosesnya membutuhkan waktu yang lama agar dapat memberikan dampak yang signifikan. PSE dalam penerapannya dalam perangkat pembelajaran memberikan gambaran secara ekplisit untuk mengingatkan kembali terkait dengan nilai-nilai karakter positif yang perlu diterapkan di segala aktivitas dan tindakan yang dilakaukan baik sebagai murid maupun sebagai PTK.

3. Apa hal yang bermanfaat dari proses tersebut ? (Pembelajaran)

Proses pembelajaran sosial dan emosional merupakan bagian penting dalam pendidikan karena dapat membatu murid untuk menumbuhkan keterampilan sosial dan emosional. Ada beberapa hal PSE dapat memberikan manfaat antara lain:
Interaksi sosial yang sehat: Siswa diajarkan untuk bekerja sama dengan orang lain, mengembangkan empati, dan merespons dengan cara yang tepat terhadap situasi sosial yang berbeda.
Regulasi emosi: Siswa belajar untuk mengenali, memahami, dan mengelola emosi mereka dengan baik. Hal ini dapat membantu mereka untuk mengatasi stres dan menjadi lebih tangguh dalam menghadapi tantangan.
Pembelajaran yang lebih efektif: Ketika siswa merasa aman, nyaman, dan dihargai di lingkungan pembelajaran, mereka cenderung lebih terbuka untuk belajar dan berkembang.
Kesejahteraan mental yang lebih baik: Dengan mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang sehat, siswa dapat membangun kepercayaan diri dan kesejahteraan mental yang lebih baik secara keseluruhan.

4. Apa umpan balik yang Anda dapatkan ? (Pembelajaran)

Dengan penerapan PSE dalam pembelajaran dapat memberikan kemudahan dalam melakukan kontrol diri dalam segala aktivitas yang dilakukan agar dapat memberikan kenyamanan disekitar lingkungan dimanapun berada.

5. Apa yang ingin Anda perbaiki atau tingkatkan agar ini berdampak lebih luas ? (Penerapan)

Agar Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) dapat memberikan dampak yang lebih luas maka diseminasi dan evaluasi secara kontinyu dan terjadwal untuk memastikan tingkat ketercapaian dari aktivitas yang telah diterapkan di kelas dan sekolah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url