Jurnal Refleksi Dwi Mingguan _ Modul 1.1


Alur refleksi yang daya gunakan pada Jurnal Dwi Mingguan adalah 4F, yakni :
Fact (Peristiwa); Feelings (Perasaan); Findings (Pembelajaran) dan Future (Penerapan)

Fact (Peristiwa)_Kegiatan guru penggerak diawali dengan kegiatan pembukaan yang di laksanakan secara virtual . Selanjutnya guru penggerak melakukan akses di LMS untuk mengikuti rangkaian kegiatan yakni modul 1. 1 pre-test; mulai dari diri & eksplorasi konsep. ruang kolaborasi dan tatap muka dalam rangka kegiatan Lokakarya Orientasi yang di laksanakan pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 2023 yang bertempat di SDN 1 Inpres Mokdale.

Awal kegiatan dengan mengerjakan pre-test modul 1. 1. Menyelesaikan pre-test dengan pengetahuan awal yang dimi l iki sehingga mengalami kesulitan dalam prosesnya. Kegiatan selanjutnya yakni Mulai Dari Diri dan Ekplorasi konsep yang di laksanakan secara mandiri di lanjutkan dengan kegiatan virtual yang di dampingi oleh fasilitator, pengajar praktik dan rekan sejawat guru penggerak dalam ruang forum diskusi . Selanjutnya kegiatan di ruang kolaborasi yang didampingi oleh fasilitator, pengajar praktik untuk melakukan diskusi secara kelompok dan mepresentasikan hasil diskusi kelompok kemudian diunggah dalam di LMS secara mandiri setelah di lakukan revisi berdasarkan saran dan masukan.

Selain kegiatan virtual , CGP juga melakukan tatap muka pada kegiatan Lokakarya Orientasi dengan melaksanakan serangkaian kegiatan dimulai dari pembukaan, kegiatan inti berupa materi yang disampaikan oleh pengajar praktik. Pada kegiatan inti tersebut CGP di berikan LK untuk dikerjakan terkait dengan perencanaan pembelajaran ke-depan. Pada kegiatan ini dihadiri oleh kepala sekolah, pengawas dan dinas pendidikan. kegiatan selanjutnya berupa Elaborasi Pemahaman yang didampingi oleh Instruktur, Fasilitator, Pengajar Praktik dan rekan CGP dengan fokus utama tentang pemahaman CGP terkait modul 1. 1. untuk di implementasikan dalam aksi nyata.

Feelings (Perasaan)_Awal kegiatan saya merasa khawatir saat mengikuti CGP hal ini berkaitan dengan tugas pokok di sekolah yang merupakan tanggung jawab yang harus dikerjakan. Namun hal tersebut berubah setelah bertemu dengan orang-orang hebat sehingga saya termotivasi untuk mengikuti kegiatan dengan penuh tanggung jawab dan komitmen untuk menyelesaikan hingga akhir. Saya berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti vicon dan mengumpulkan tugas semaksimal mungkin serta membagi waktu untuk menyelesaikan tugas lain yang merupakan tanggung jawab. Terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan suport dan motivasi.

Findings (Pembelajaran)_Dari awal kegiatan modul 1. 1. banyak pembelajaran yang saya dapatkan terkait dengan pendidikan guru penggerak, mulai dari akses LMS, diskusi secara virtual maupun tugas -tugas yang harus dikerjakan oleh CGP di LMS. Mengikuti Program Guru Penggerak membuka mendset saya terkait dengan konsep perubahan kurikulum menjadi Kurikulum Merdeka yang berfondasikan filosofis pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang harus diterapkan baik di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.

Konsep pembelajaran yang saya dapat setelah mempelajari modul 1. 1. bahwa pendidikan merupakan kegiatan menuntun segala kekuatan kodrat anak agar mereka mencapai kemerdekaan yang setinggi -tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Guru memberikan kebebasan kepada anak dengan menuntun agar tidak salah arah, dengan memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman anak sehingga menjadikan anak yang berwawasan luas dan berbudi pekerti yang luhur.

Konsep pembelajaran yang saya dapat setelah mempelajari modul 1. 1. bahwa pendidikan merupakan kegiatan menuntun segala kekuatan kodrat anak agar mereka mencapai kemerdekaan yang setinggi -tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Guru memberikan kebebasan kepada anak dengan menuntun agar tidak salah arah, dengan memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman anak sehingga menjadikan anak yang berwawasan luas dan berbudi pekerti yang luhur. Hal tersebut dengan menerapkan 3 semboyang Ki Hajar Dewantara; Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani.

Future (Penerapan)_1. Pendidikan Bepusat Pada Siswa. Menuntun merupakan hal terpenting dalam pendidikan, saya sebagai fasilitator menuntun kodrat anak agar tidak salah arah dan tidak memaksakan kehendak/menuntut kepada anak; 2. Pembelajaran Yang Inovativ. Saya harus menggunakan model pembelajaran yang inovativ untuk merangsang pola perkembangan kodrat anak. 3. Pertimbangan Kodrat Alam & Zaman. Sebagai fasilitator, saya akan menerapkan hal -hal baru sesuai dengan perkembangan zaman dengan tidak melupakan kodrat alam yang dimiliki anak.

Untuk lebih jelasnya dapat dilhat pada  link video dibawah ini !

https://drive.google.com/file/d/12rdljUlVHwDejMzV-s6WJ6I4-Ds1EDqf/view?usp=sharing

Next Post Previous Post
9 Comments
  • Abraham
    Abraham May 30, 2023 at 11:01 AM

    Terus berkarya dan berbakti menuntun murid sesuai kebutuhannya dengan mengutamakan kebahagiaan dan keselamatan belajar murid👍

    • Gusna
      Gusna May 30, 2023 at 3:13 PM

      terimakasih bapak atas motivasi dan bimbingan yang diberikan..

  • Anonymous
    Anonymous May 30, 2023 at 12:07 PM

    Tulisan yang memotivasi rekan - rekan guru lainnya agar dapat terlibat juga menjadi aaktor - aktor perubahan pendidikan melalui pendidikan guru penggerak

    • Gusna
      Gusna May 30, 2023 at 3:13 PM

      Terimakah banyak..

  • Abraham
    Abraham May 30, 2023 at 2:10 PM

    Terus berkarya pak Safrin, lakukan praktik baik di kelas atau sekolah agar menginpirasi orang lain untuk bergerak memenuhi kebutuhan murid dalam belajar

  • Adhy Johannis
    Adhy Johannis May 30, 2023 at 8:29 PM

    Tulisan bagus dan semakin memperkaya wawasan.

  • Chenchen Sula
    Chenchen Sula May 31, 2023 at 7:27 AM

    Terus berkarya Pak guru untuk mencerdaskan anak bangsa

  • Chenchen Sula
    Chenchen Sula May 31, 2023 at 7:49 AM

    Mantap Pak Guru, semoga dapat menginspirasi bapak/ibu guru lainnya dalam mengembangkan dunia pendidikan

    • Safrin
      Safrin August 17, 2023 at 6:01 AM

      terimakasihj banyak ibu guru, semoga bisa bermanfaat

Add Comment
comment url