Aplikasi Analis Ulangan Siswa Berbasis Excel Lengkap

Aplikasi Analis Ulangan Siswa Berbasis Excel - Pada artikel kali ini admin akan berbagi tentang sebuah pembaharuan aplikasi analisis hasil ulangan siswa yang dapat digunakan oleh bapak dan ibu guru dalam memudahkan pemeriksaan hasil belajar siswa. Untuk lebih jelasnya perhatikan uraian berikut hingga selesai.

Aplikasi yang di bahas disini berupa aplikasi anasis soal essay yang dilengkapi dengan beberapa fictur yatu :

1. Input Data

Pada bagian ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan karena penarikan data dari item lain bersumber dari bagian ini. Pada item ini terdapat beberapa bagian yatu; 

1). Data Umum. Data umum berisi tentang Nama Sekolah yang diisi sesuai dengan instansi bapak/ibu guru bertugas; Mata pelajaran diisi dengan mata pelajaran yang akan di analisis atau mata pelajaran yang diampuh; Kelas/Semester diisi dengan jenjang kelas dan semester berjalan; Nama Tes disi dengan nama tes yang dilakukan sebagai contoh penilaian tertulis, penilai lisan;, Bentuk tes isi dengan bentuk tes yang dilakukan sebagai contoh uraian, essay; KKM mata pelajaran; Guru pengampuh mata pelajaran disertai NIP; 2). Pedoman Penskoran. Berisi tentang skor maksimal dan skor minimal setiap soal; Jumlah skor; Skala nilai; Nama siswa; Nomor soal dan Skor perolehan siswa tiap soal.

2. Daftar NIlai Ujian

Bagian ini terisi secara otomatis tidak ada yang ditambah atau dikurangi, sumber data yang dimiliki dari bagian data awal atau input data. Bagian ini berisi tentang:

1). Data umum yang sama dengan data umum pada bagian input data yang membedakan diambil sebagian pada input data; 2). Nama siswa, Jumlah skor, NIlai dan keterangan ketuntasan belajar. pada bagian ini akan terdpat warna yang berbeda dimana warna putih dan warnah hijau. Data akan berwarnah hijau apabila siswa yang bersangkutan belum tuntas dan data berwarna putih apabila siswa yanbg bersangkutan tuntas dan hal ini tidak muncul secara otomatis.

3. Program Remedial

Program remedial terisi nama-nama siswa yang Belum Tuntas  dilengkapi dengan nilai perolehan akan terisi semua pada bagian ini secara otpmatis, dan ada bagain lain yang harus diisi dengan manual. Data yang di isi dengan manual berupa tanggal pelaksanaan remedial; nilai remedial 1 dan nilai remedial 2. 

4. Program Pengayaan

Lembar program pengayaan secara otomatis nama-nama siswa yang sudah tuntas atau memenuhi KKM akan tercantum disini disertai dengan Nilai ujian dan identitas sekolah secara otomatis pula. Pada bagian ini yang diisi manual hanya pada bagian tanggal pelaksanaan pengayaan, nilai hasil pengayaan dan soal pengayaan.

5. Analisis Kualitatif

Analisis kuantitaif terisi secara otomatis tanpa ada yang diisi secara manual, dengan beberapa bagian tabel yaitu tabel skor perolehan siswa per-soal, nialai atas, nilai bawah dan kesimpulan.

6. Analisis Kualitatif

Bagian ini terdiri atas pernyataan yang berkaitan dengan soal yang digunakan sebagai tes yang ditinjau dari segi materi, konstruksi dan bahasa/budaya.

Untuk lebih jelasnya silahkan klik....Unduh

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url