Gejala Alam Biotik dan Abiotik Yang Terjadi Disekitar

Soal

Perhatikan beberapa gejala alam berikut ini !

  1. Lumba-lumba pada waktu-waktu tertentu muncul kepermukaan air untuk bernapas
  2. Tanaman mangga bertambah tinggi
  3. Air sungai yang mengalir menuju laut
  4. Gunung api yang meletus

Beradsarkan data diatas, gejala-gejala alam biotik ditunjukan oleh angka...

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 4

D. 3 dan 4

Jawaban : A

Ekosistem terdiri atas komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik terdiri atas manusia, tumbuhan, hewan dan mikroorganisme. Adapun komponen abiotik merupakan komponen yang tidak hidup contoh; air, tanah, udara, sinar matahari, suhu dan kelembapan udara. Berdasarkan komponen ekosistem tersebut dikenal dua macam gejala alam yaitu gejala alam biotik dan gejala alam abiotik.

Gejala alam biotik merupakan gejala yang terjadi pada makhluk hidup yang ada di lingkungan. Contoh gejala alam biotik yaitu: 1). Kolam yang tertutup oleh ganggang yang mengakibatkan kolam berubah warna yang tadinya jernih menjadi hijau; 2). Wereng yang menyerang padi di sawah. Sedangkan gejala abiotik merupakan gejala yang terjadi pada benda mati (yang tidak hidup), contoh 1). gunung meletus; 2). air sungai yang mengalir; 3). angin yang bertiup.

Berdasarkan soal diatas maka, lumba-lumba dan tanaman mangga merupakan makhluk hidup yang dapat menimbulkan gejala biotik. Bernapasnya lumba-lumba ketika muncul di permukaan dan tanaman mangga yang mengalami pertambahan tinggi merupakan gejala biotik karena ditimbulkan oleh komponen biotik.

Sedangkan air sungai yang mengalir menuju kelaut dan gunung yang meletus merupakan contoh gejala abiotik karena ditimbulkan oleh komponen abiotik.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url