Besaran Pokok Dengan Satuan Yang Benar Adalah

Besaran Pokok dan Saruannya Yang Benar - Pada artikel kali ini admin akan membahas tentang besaran pokok dan satuan. Materi ini disajikan dalam bentuk soal yang diambil dari soal ujian sekolah materi IPA tingkat SMP yang dilengkapi dengan pembahasan dan kunci jawaban. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Soal

Perhatikan tabel berikut !

No

Nama Besaran

Satuan

Alat Ukur

1

Massa

Kilogram

Neraca

2

Panjang

Meter

Jengkal

3

Waktu

Jam

Stopwatch

4

Suhu

Celcius

Thermometer

5

Kuat arus

Ampere

Amperemeter

Pada tabel diatas yang termasuk besaran pokok, satuan dan alat ukur dalam Sistem Internasional (SI) yang benar adalah…
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 5
D. 1 dan 5

Pembahasan dan Jawaban

Terdapat 7 besaran pokok yaitu;

1. Panjang

Besaran panjang digunakan untuk mengukur panjang suatu benda, memiliki satuan meter dengan simbol M. Alat untuk mengukur panjang rol meter atau pita ukur, penggaris atau mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup.

2. Massa

Besaran massa digunakan untuk mengukur kandungan materi benda, memiliki satuan kilogram dengan simbol Kg. Alat yang digunakan untuk mengukur massa berupa neraca digital, neraca ohaus dan timbangan pasar.

3. Waktu

Besaran waktu digunakan untuk mengukur waktu memiliki satuan sekon dengan simbol S. Alat yang digunakan untuk mengukur waktu berupa jam analog, stopwatch dan jam digital.

4. Kuat Arus Listrik

Besaran kuat arus listrik digunakan untuk mengukur besarnya arus listrik yang mengalir dari suatu tempat ketempat yang lain melalui suatu penghantar. Kuat arus memiliki satuan ampere dengan simbol A. Alat untuk mengukur kuat arus berupa amperemeter.

5. Suhu

Besaran suhu digunakan untuk mengukur panas atau dinginnya suatu benda, memiliki satuan kelvin dengan simbol K. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah termometer.

6. Intensitas Cahaya

Besaran intensitas cahaya digunakan untuk mengukur terang atau tidaknya caya yang jatuh pada permukaan benda, memiliki satuan candela dangan simbil Cd. Alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya berupa light meter dan lux meter.

7. Jumlah Zat

Besaran jumlah zat digunakan untuk menghitung jumlah partikel pada suatu benda. Besaran jumlah zat memiliki satuan mol dengan simbol N.

Dengan demikian besaran pokok, satuan dan alat ukur dalam Sistem Internasional (SI) yang benar adalah besaran masa, satuan kilogram, alat ukur neraca dan besaran kuat arus, satuan ampere , alat ukur amperemeter.

Jawaban; D. 1 dan 5.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url