Penyakit HPV (Human Papilloma Virus ); Pengertian, Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit HPV


HPV (Human Papilloma Virus ) adalah jenis virus yang cukup lazim. Jenis yang berbeda dapat menyebabkan kutil atau pertumbuhan sel yang tidak normal (displasia) dalam atau di sekitar leher rahim atau dubur yang dapat menyebabkan kanker leher rahim atau dubur.  Kutil-kutil ini pada umumnya tumbuh di permukaan kulit yang lembab dan di daerah sekitar alat kelamin sehingga disebut kutil kulit dan kutil kelamin. Infeksi HPV pada alat kelamin dapat disebarkan melalui hubungan seks, sedangkan penularan kutil kulit pada tangan atau kaki dapat terjadi tanpa hubungan seks (penularannya dapat melalui sentuhan atau penggunaan barang secara bersama).

Pengertian

Virus polio adalah virus penyebab penyakit polio yang dapat menyebabkan lumpuh jika virus menginfeksi selaput otak (meninges) dan sum- sum tulang belakang. Polio umumnya menyerang anak- anak.  Gejalanya  adalah  demam,  sakit  kepala,  tidak  enak  badan,  mengantuk,  sakit tenggorokan,  mual,  dan  muntah.  Gejala  tersebut  kadang disertai juga  oleh kaku  leher  dan tulang belakang. Penyakit ini dapat disembuhkan. Masa inkubasi virus ini 3-35 hari, tapi umumnya antara 7- 14 hari. Sumber utama virus ini dari saluran usus orang  yang terinfeksi. Feses orang tersebut mengandung virus polio yang dapat menular lewat mulut melalui makanan yang terkontaminasi olehnya. Di awal infeksi, penyakit ini dapat disebarkan melalui infeksi saluran pernapasan.

Cara penanggulangan

Penanggulangan penularan infeksi virus papiloma dapat dilakukan dengan cara menghindari penggunaan bersama peralatan mandi, handuk, kaos kaki dan alat-alat lainnya. Segera memeriksakan diri ke dokter jika terdapat lesi kulit yang disebabkan oleh virus papilloma dan diobati segera untuk mengurangi kemungkinan penyebaran atau kambuh. 

Cara pencegahan

Mencegah penyebarannya dapat dilakukan tes Pap untuk mendeteksi pertumbuhan tidak normal dari sel pada leher rahim sejak awal atau pun dengan melakukan sekret vagina. Tes ini dapat memeriksa dubur laki-laki dan perempuan. Walaupun tes Pap tampaknya merupakan cara terbaik untuk menemukan kanker leher rahim secara dini, pemeriksaan fisik dengan hati-hati mungkin merupakan cara terbaik untuk menemukan kanker dubur. Sedangkan untuk mencegah penularannya, sebaiknya menjaga kebersihan diri dan jangan melakukan seks dengan lebih dari satu orang.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url