Protista Mirip Jamur - Ciri-Ciri, Reproduksi, Manfaat

Protista Mirip Jamur; Ciri-Ciri, Reproduksi dan Manfaat Protista Mirip Jamur - Pada artikel kali ini admin akan membahas tentang protista mirip jamur, baik ditinjau dari segi ciri-ciri, Reproduksi dan Manfaat protista mirip jamur. Untuk pembahasan tentang klasifikasi Protista Mirip Jamur telah diuraikan pada artikel-artikel sebelumnya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Protista mirip jamur tidak dimasukkan ke dalam fungi karena struktur tubuh dan cara reproduksinya berbeda. Reproduksi jamur mirip fungi, tetapi gerakan pada fase vegetatifnya mirip amoeba (protozoa). Meskipun tidak berklorofil, struktur membran jamur ini mirip ganggang.

Ciri-ciri protista mirip jamur

  1. Memiliki sel berflagela pada suatu waktu dalam siklus hidupnya
  2. Khusus pada jamur air, memiliki dinding sel yang tersusun oleh zat selulosa, sedangkan jamur tersusun oleh zat kitin.
  3. Membentuk spora diploid dan hasil meiosis berupa gamet. Pada jamur air menghasilkan zoospora.
  4. Fagositik.    

Reproduksi Protista Mirip Jamur

Reproduksi protista mirip jamur adalah melalui cara vegetatif yaitu dengan membentuk zoospora yang memiliki dua flagel serta melalui cara generatif yaitu dengan membentuk gamet (sel kelamin), setelah pembuahan, akan membentuk zigot yang tumbuh menjadi oospora. 

Peranan Protista Mirip Jamur Yang Merugikan

  1. Phytophtora infestans, merupakan jamur parasit pada kentang (busuk kentang).
  2. Phytophtora faberi yaitu penyebab penyakit kanker pada bidang sudapan pohon karet.
  3. Phytophtora mictiane yaitu penyebab busuk pada daun tembakau.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url