Jamur Basidiomycota - Ciri-Ciri dan Reproduksi Jamur Basidiomycota

Ciri-Ciri Jamur Basidiomycota, Reproduksi dan Contoh - Ciri jamur Basidiomycota adalah memiliki basidium. Kelompok jamur ini dikenal karena tubuh buahnya tampak jelas di permukaan tanah atau substrat lainnya. Tubuh buah bentuknya bermacam-macam, ada yang seperti payung, bola atau papan. Misalnya, jamur merang (Volvariella volvacea) dengan tubuh buah berbentuk payung. Secara umum, tubuh buah mempunyai 4 bagian, yaitu tangkai tubuh buah (stipe), tudung (pileus), volva, dan bilah (lamella). Stipe merupakan suatu massa miselium yang tumbuh tegak. Pileus merupakan bagian yang ditopang oleh stipe.

Ciri-ciri Basidiomycota :

  1. Hifanya bersekat,  mengandung inti haploid.
  2. Mempunyai tubuh buah yang bentuknya seperti payung yang terdiri dari bagian batang dan tudung. Pada bagian bawah tudung tampak adanya lembaran-lembaran (bilah) yang merupakan tempat terbentuknya basidium. Tubuh buah disebut basidiokarp.
  3. Ada yang bersifat parasit, saprofit, dan ada yang bersimbiosis dengan ganggang hijau dan ganggang biru membentuk lumut kerak.
  4. Reproduksi secara seksual (dengan askospora) dan aseksual (konidia).

Basidiomycota merupakan kelompok jamur yang pembentukan sporanya terjadi di atas sel yang disebut dengan basidium. Bentuk jamur umurnya ada yang seperti payung dan seperti kuping.

Reproduksi Basidiomycota

Gambar Reproduksi Jamur Basidiomycota (Sumber; Campbell)

Reproduksi Aseksual

Reproduksi aseksual Basidiomicotina dengan cara fragmentasi hifa

Reproduksi Seksual

  1. Pertemuan dua hifa berbeda di dalam tanah menghasilkan hifa dikariotik
  2. Hifa dikariotik cepat tumbuh menjadi tubuh buah (Basidiokarpus)
  3. Perkembangan Basidiospora terjadi diatas permukaan tanah sampai dihasilkan Basidiokarpus. Pembentukan Basidiospora terjadi didalam basidium yang terletak dipermukaan bawah tudung Basidiokarpus.
  4. Basidiokarpus terdiri atas jaringan hifa dikariotik (setiap sel intinya berpasangan).
  5. Ujung-ujung hifa membentuk basidia yang didalamnya terjadi peleburan dua inti haploid menjadi satu inti diploid disusul dengan pembelahan meiosis menghasilkan 4 inti haploid berikutnya.
  6. Basidium membentuk 4 tonjolan yang berisi protoplasma dan ke 4 inti haploid tadi masing-masing akan mengisi tiap tonjolan dan terbentuk 4 buah basidiospora haploid yang nantinya akan berkembang menjadi hifa baru untuk meneruskan siklus hidup barunya.

Contoh jamur Basidiomycotina adalah 

Adapun contoh jamur yang tergolong dalam Basidiomycotina adalah sebagai berikut;

1. Jamur merang (Volvariella volvacea) 

Sesuai dengan nama ilmiahnya, Volvariella volvacea, jamur ini memiliki volva atau cawan berwarna cokelat muda yang awalnya merupakan selubung pembungkus tubuh buah saat masih stadia telur (masih muda). Tubuh buah yang masih muda berbentuk bulat telur, berwarna cokelat gelap hingga abu-abu dan dilindungi selubung. Pada tubuh buah jamur merang dewasa, tudung berkembang seperti cawan berwarna coklat tua keabu-abuan dengan bagian batang berwarna coklat muda.

2. Jamur kuping (Auricularia polytricha) 

Auricularia auricula ini merupakan salah satu kelompok jelly fungi yang masuk ke dalam kelas Basidiomycota dan mempunyai tekstur jelly yang unik. Fungi yang masuk ke dalam kelas ini umumnya makroskopis atau mudah dilihat dengan mata telanjang. Miseliumnya bersekat dan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu miselium primer (miselium yang sel-selnya berinti satu, umumnya berasal dari perkembangan basidiospora) dan miselium sekunder (miselium yang sel penyusunnya berinti dua, miselium ini merupakan hasil konjugasi dua miselium primer atau persatuan dua basidiospora). Jamur ini disebut jamur kuping karena bentuk tubuh buahnya melebar seperti daun telinga. jamur kuping (Auricularia polytricha) yang hidup di kayu lapuk dan dapat di makan. 

3. Jamur api

Jamur api yang dapat merusak tanaman tebu; jamur beracun (Amanita phalloides) berwarna putih dan merah, hidup di tanah; 

4. Jamur upas (Corticum salmonella)

Jamur upas (Corticum salmonella) yang hidup parasit di batang pohon karet atau buah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url