Tumbuhan Berbiji terbuka (Gymnospermae); Ciri, Klasifikasi dan Manfaatnya

Ciri, Klasifikasi dan Manfaat Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae)Istilah Gymnospermae berasal dari Yunani gymos yang berarti "telanjang" dan Spermae yang berarti biji atau sebagai tumbuhan berbiji terbuka merupakan kelompok tumbuhan berbiji yang bijinya tidak terlindung oleh bakal buah atau ovum.

Pada kali ini admin akan menjelaskan tentang ciri-ciri, klasifikasi dan manfaat tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae). Untuk lebih jelasnya silahkan simak uraian dalam artikel ini sampai selesai.

Ciri-ciri Umum

  1. Berkembang biak dengan biji
  2. Biji tidak dilindungi jaringan buah
  3. Struktur reproduksi terdapat pada kerucut (strobilus)
  4. Siklus hidup:generasi sporofit dominan, hidup bebas generasi gametofit tereduksi, tidak hidup bebas

Klasifikasi Gymnospermae

Ada empat divisi gymnospermae yang dapat kita jumpai sampai saat ini, tiga di antaranya adalah divisi yang relatif kecil: Cycadophyta, Ginkgophyta, dan Gnetophyta. Divisi yang paling besar adalah Coniferophyta.

Cycadophyta

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan biji yang primitif, hidup di daerah tropis dan subtropis. Di Indonesia kita kenal pakis haji (Cycas rumphii) merupakan tanaman hias, akarnya bersimbiosis dengan ganggang biru (Anabaena) yang dapat mengikat nitrogen (Anabaena cycadae). Daunnya tersusun dalam roset batang, menyirip atau berbagi menyirip. Strobilus jantan dan betina terdapat di ujung batang pada pohon yang berbeda (berumah dua).

Ginkgophyta

Hanya satu jenis ginkgo yang masih hidup sampai saat ini, yaitu Ginkgo biloba yang berasal dari Cina. Pohonnya tinggi, daunnya bertangkai panjang dan berbentuk kipas dengan tulang daun yang bercabang-cabang, dan meranggas dalam musim gugur. Bijinya mempunyai kulit luar yang berdaging dan kulit dalam yang keras. Daunnya dapat dijadikan obat asma dan mengatur tekanan darah. Buahnya dapat dijadikan bahan ramuan untuk makanan tambahan (suplemen) yang berfungsi menjernihkan daya ingat.

Gnetophyta

Di Indonesia dikenal tumbuhan melinjo (Gnetum gnemon) yang merupakan anggota dari kelompok ini. Daunnya tunggal, duduknya berhadapan. Batangnya berkayu tanpa saluran resin. Bunga majemuk berbentuk bulir, keluar dari ketiak daun. Buah dan daun muda melinjo dapat disayur, bijinya dibuat emping dan serabut kulitnya untuk pembuatan jala.

Coniferophyta

Tumbuhan yang tergolong divisi ini dapat berupa semak, perdu atau pohon dengan tajuk berbentuk kerucu (conus), maka disebut Coniferophyta. Divisi ini merupakan kelompok terbesar, yang beranggotakan pohon tertua dan tertinggi di muka bumi. Penyebarannya luas terutama di daerah beriklim sedang dan dingin. Coniferophyta menjadi sangat penting karena merupakan sumber bahan kertas, kayu lunak, bahan bangunan, bahan plastik, pernis, terpentin, damar, dan tinta cetak.

Peranan Gymnospermae

  1. Gymnosperms sering digunakan untuk menggunakan ekonomi rakyat.
  2. Beberapa menggunakan bagi mereka adalah sebagai sabun, pernis, kayu, cat, makanan, dan perfumes. Sebagai tanaman hias, misalnya pakis haji
  3. Sumber makanan, misalnya melinjo
  4. Penghasil minyak cat (terpentin), misalnya pinus/tusam
  5. Bahan baku damar, yaitu damar
  6. Bahan baku industri kertas dan korek api, misalnya kayu pinus dan kayu tumbuhan melinjo.
  7. Bahan untuk obat dan kosmetik, yaitu Ginkgo biloba 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url