Mengenal Klasifikasi dan Ciri-Ciri Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

Klasifikasi dan Ciri-Ciri Tumbuhan Spermatophyta - Selain tumbuhan lumut dan paku-pakuan, juga terdapat tumbuhan lain, seperti melinjo, padi, kelapa, mangga, pepaya, dan durian. Semua tumbuhan ini termasuk dalam kelompok tumbuhan biji (spermatophyta).

Tumbuhan biji adalah jenis tumbuhan yang paling sempurna, baik alat tubuh maupun alat perkembangbiakannya. Tumbuhan biji memiliki alat tubuh yang lengkap yang terdiri dari akar, batang, dan daun. Tiap-tiap alat tubuh tersebut mempunyai fungsi yang jelas. Alat perkembangbiakannya berupa bunga dan biji.

Ciri-cir utama tumbuhan biji adalah dapat menghasilkan biji. Di dalam biji biasanya disimpan embrio beserta cadangan makanan (endosperma). Embrio tersebut dilindungi oleh kulit biji yang kuat sehingga tahan terhadap kondisi lingkungan yang tidak sesuai.

Berdasarkan ada tidaknya lapisan pelindung pada bakal biji, Divisi Spermatophyta dibedakan menjadi 2 golongan, yaitu Sub divisi Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) dan Sub divisi Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup).

Gymnospermae (Tumbuhan Berbiji Terbuka)

Istilah gymnosperm berasal dari Yunani gymnospermos yang berarti "telanjang bibit" dan merujuk kepada kondisi unenclosed dari bibit, seperti ketika mereka dihasilkan mereka telanjang ditemukan pada skala yang kerucut atau struktur serupa.

Ciri-ciri Umum

  1. Berkembang biak dengan biji
  2. Biji tidak dilindungi jaringan buah
  3. Struktur reproduksi terdapat pada kerucut (strobilus)
  4. Siklus hidup:generasi sporofit dominan, hidup bebas generasi gametofit tereduksi, tidak hidup bebas

Angiospermae (Tumbuhan Berbiji Tertutup)

Angiospermae berarti biji diselubungi oleh suatu badan yang berasal dari daun buah, yaitu bakal buah. Semua angiospermae ditempatkan dalam sebuah divisi tunggal Antophyta (tumbuhan bunga). Tumbuhan bunga merupakan tumbuhan yang paling dikenal, lebih dari 95% tumbuhan biji yang ada di bumi adalah tumbuhan bunga.

Tumbuhan berbiji tertutup adalah tumbuhan yang telah memiliki akar, daun, dan batang yang sesungguhnya. Menurut jumlah keeping bijinya, tumbuhan biji tertutup dapat dibedakan menjadi tumbuhan berkeping satu (monokotil) dan tumbuhan berkeping dua (dikotil).

Ciri-ciri Umum

  1. Berkembang biak dengan biji
  2. Biji dilindungi jaringan buah
  3. Struktur reproduksi terdapat pada bunga
  4. Siklus hidup: generasi sporofit dominan, hidup bebas generasi gametofit tereduksi, tidak hidup bebas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url