RPP 1 Lembar IPS Kelas 7 Semester 1 dan 2 Lengkap

RPP 1 Lembar IPS Kelas 7 Semester 1 dan 2 Lengkap.
RPP 1 Lembar IPS Kelas 7 Semester 1 dan 2 Lengkap. Guru memiliki tugas dan tanggungjawab dalam membentuk jiwa dan karakter peserta didik secara khusus dan generasi penerus bangsa secara umum. Guru memiliki tugas umum dan tugas khusus dalam rangka meningkatkan kualitas peserta didik. Tugas guru secara khusus mencakup sebagai pengajar, sebagai pendidik dan sebagai pemimpin.

Ditinjau dari tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, guru sebagai pengajar dan pendidik yang dimaksud disini adalah guru merancang program pengajaran, melaksanakan program pengajaran dan mengevaluasi program yang telah dilaksanakan. Salah satu tugas guru sebagai perancang program pengajaran adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa dikenal dengan RPP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP) merupakan rencana pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, hal ini sesuai dengan konsep yang dituangkan dalam Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013.  Perancangan RPP dilakukan sebelum masuk tahun ajaran berikutnya dengan tujuan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar dikelas untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPS Kelas 7 Semester 1 dan 2 yang semula mencapai puluhan bahkan belasan halaman untuk setiap tatap muka, tetapi pada RPP yang terbaru mengalami perubahan dimana RPP diringkas sedemikian rupa untuk memudahkan pendidik dalam melakukan perancangan pembelajaran menjadi 1 lembar, hal ini dituangkan dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Penyederhanaan RPP.

Mengacu pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2017 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, berisi tentang tiga point utama yaitu;

Poin 1. Menyebutkan bahwa penyusunan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif dan mengacu pada murid.

Poin 2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, disederhanakan menjadi 3 yaitu sebagai berikut;

  1. Tujuan pembelajaran;
  2. Langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran.
  3. Penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru sedangkan komponen yang lainnya bersifat pelengkap.

Poin 3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Gurum Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar murid.

Poin 4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka l, 2, dan 3. Meskipun demikian, RPP 1 Lembar IPS SMP maupun mata pelajaran dan jenjang lainnya dapat menambahkan komponen-komponen lain yang relevan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dikelas hal ini sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2017 poin 3.

Penyederhanaan RPP yang tidak memberikan format baku tentang penyusunan RPP 1 lembar, meskipun demikian perancangan RPP 1 Lembar yang harus dibuat oleh guru mengacu pada tiga komponen utama yaitu, tujuan pembelajaran, Langkah-langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran. 

Komponen RPP 1 Lembar IPS Kelas 7 Semester 1 dan 2 K13 Revisi Terbaru

Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2017 tentang komponen inti yang harus termuat dalam RPP 1 Lembar yang dirancang oleh guru mata pelajaran sebagai pendidik ialah tujuan pembelajaran, Langkah-langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Admin akan menjelaskan secara singkat tentang komponen-komponen tersebut.

1. Tujuan Pembelajaran.

Komponen pertama dalam penyusunan RPP 1 Lembar IPS SMP adalah tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar-mengajar yang harus ada dalam RPP yang dirancang. Tujuan pembelajaran sebagai tolak ukur untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan guru sebagai pendidik dan siswa sebagai terdidik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan setelah proses pembelajaran dilaksanakan.

Dalam merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan pada kompetensi dasar materi yang akan diajarkan dengan memperhatikan kaidah-kaidah atau kriteria dalam penyusunananya baik secara jelas dan tegas yang didalamnya mencakup Audience, Behivor, Condition dan Degree.

2. Kegiatan Pembelajaran.

Kegitan pembelajaran merupakan komponen kedua yang harus ada dalam penyusunan RPP 1 Lembar IPS SMP. Kegiatan pembelajaran merupakan rangkain kegiatan pendidik dan peserta didik yang terjadi melalui proses timbal balik. Kegiatan pembelajaran berisi tentang langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan sintak metode pembelajaran yang digunakan  dan dibagi dalam tiga tahap kegiatan yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.

Pada komponen ini akan menggambarkan segala aktivitas yang dilakukan guru sebagai pendidik dan siswa selama proses belajar mengajar, yang dimulai dari awal hingga akhir kegiatan proses belajar mengajar. Pada tahap ini akan menjadi penentu keberhasilan kegiatan pembelajaran yang lakukan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang guru memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan agar langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran searah dengan pencapain tujuan pembelajaran yang diajarkan.

3. Penialain Pembelajaran.

Kompnen terakhir yang harus ada dalam RPP 1 Lembar IPS SMP ialah penilaian pembelajaran. Pada tahap ini guru melakukan penialain terhadap proses dan hasil belajar mengajar guna mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Penilain pembelajaran mengacu pada tujuan pembelajaran yang telah dilakukan dengan menerapkan berbagai macam tehnik dan metode penilaian yang sesuai.

Hasil dari penilain pembelajaran ini dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan keberhasilan peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar dan dapat digunakan sebagai refleksi bagi guru untuk melakukan peningkatan terhadap hal-hal yang harus dilakukan dalam proses belajar mengajar agar kualitan proses belajar mengajar menjadi lebih baik lagi.

Pada kesempatan ini admin akan membagikan RPP IPS Kelas 7 Semester 1 dan 2 Revisi Terbaru yang dapat digunakan oleh guru SMP atau sederajat. RPP yang admin bagikan ini merupakan RPP 1 Lembar semester 1 dan 2 yang disimpan pada Google Drive dalam bentuk RAR, yang dapat download secara GRATIS pada link dibawah ini;

RPP Luring 1 Lembar SMP/MTs IPS Kelas 7 Semester 1 &  2 – [Unduh]

Demikianlah artikel tentang RPP 1 Lembar IPS Kelas 7 Semester 1 dan 2 Lengkap, semoga dengan hadirnya artikel ini dapat membantu bapak dan ibu guru dalam menyiapkan administrasi pembelajaran dikelas, sehingga dalam prosesnya dapat berlangsung dengan baik dan pada akhirnya terwujudnya Tujuan Pendidikan Nasional.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url