Mengenal Struktur Serta Fungsi Jantung dan Pembuluh Darah

Jantung dan Pembuluh Darah Pada Manusia - Pada artikel kali ini admin akan mengulas tuntas tentang jantung dan pembuluh darah baik ditinjau dari segi struktur maupun dalam menjalankan fungsinya. Untuk itu silahkan simak artikel ini hingga akhir.

JANTUNG

Jantung merupakan pompa berotot. Fungsinya sebagai alat pemompa darah. Jantung terdiri dari otot jantung (miokardium) yang bagian luarnya dilapisi oleh selaput jantung (perikardium) yang terdiri dari 2 lapisan. Di antara kedua lapisan tersebut terdapat cairan getah bening yang berfungsi untuk menahan gesekan. Bagian dalam jantung dilapisi oleh endokardium. Otot jantung mendapatkan zat-zat makanan dan oksigen dari darah melalui arteri koroner. Peristiwa penyumbatan dari arteri koroner disebut koronariasis. Jantung terdiri atas 4 ruangan, yaitu 2 atrium (serambi) dan 2 ventrikel (bilik). Perhatikan struktur jantung pada gambar dibawah ini;

Struktur Jantung (Sumber; Campbell)
Adapun penjelasan tentang bagian-bagian jantung adalah sebagai berikut;

Atrium

Atrium merupakan ruangan jantung tempat masuknya darah dari pembuluh balik (vena), antara atrium kanan dan atrium kiri terdapat katup valvula bikuspidalis pada fetus, antara atrium kanan dan kiri terdapat lubang yang disebut foramen ovale menjelang kelahiran, foramen ovale akan menutup.

Ventrikel

Ventrikel mempunyai otot lebih tebal daripada atrium, dan ventrikel kiri lebih tebal daripada ventrikel kanan. Ini disebabkan ventrikel berfungsi memompakan darah keluar jantung, antara ventrikel kanan dan kiri terdapat katup valvula trikuspidalis.

PEMBELUH DARAH

Macam-macam Pembuluh Darah yaitu:

Pembuluh Nadi/Arteri 

Pembuluh Nadi/Arteri merupakan pembuluh yang keluar dari jantung. Pembuluh ini memiliki 1 buah katup/klep berbentuk bulan sabit yang disebut valvula semilunaris. Fungsi pembuluh ini adalah untuk menjaga aliran darah tetap searah. Pembuluh ini dibedakan menjadi tiga yaitu:

1. Pembuluh nadi besar disebut juga  aorta.

Pembuluh ini berhubungan langsung dengan bilik kiri, sehingga membawa darah kaya O2 yang akan dibawa ke seluruh tubuh, bagian kepala maupun bagian bawah dari organ tubuh. Pembuluh nadi lain yang berhubungan dengan bilik kanan adalah arteri  pulmonales, yaitu mengangkut darah yang kaya CO2. Pembuluh ini menghubungkan darah menuju organ paru-paru kiri dan kanan. Gas CO2 di dalam paru-paru akan dilepaskan dan diganti dengan O2 yang kemudian dibawa menuju jantung.

2. Arteri

Pembuluh arteri merupakan cabang dari aorta.

3. Arteriola

Pembuluh ini merupakan cabang arteri yang berhubungan langsung dengan kapiler. Pada kapiler ini akan terjadi pertukaran gas, kemudian dari kapiler ini darah akan kembali ke jantung melalui venula dan dibawa ke pembuluh balik (vena).

Pembuluh Balik/Vena

Pembuluh Balik/Vena; disebut juga  vena, yaitu pembuluh yang mengangkut darah dari seluruh tubuh ke jantung. Masuknya darah ke ruangan serambi kanan dari jantung. Pembuluh ini dibedakan menjadi tiga yaitu:

1. Vena cava

Pembuluh ini mengangkut darah dari bagian atas (kepala) yang disebut vena cava superior dan dari bagian bawah, misalnya kaki, ginjal, hati, dan lain-lain yang disebut  vena cava inferior.

2. Vena

Contoh pembuluh vena, yaitu vena pulmonalis. Pembuluh ini mengangkut darah yang kaya O2 dari paru-paru menuju ke serambi kiri.

3. Venula

Pembuluh venula merupakan pembuluh balik yang langsung berhubungan dengan kapiler. Pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena) sama-sama mempunyai fungsi yang sama, yaitu mengalirkan darah ke jantung dan dari jantung. Namun di antara keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut dapat terlihat pada gambar dan tabel di bawah ini.

Pembuluh kapiler

Pembuluh darah yang sangat halus dan langsung berhubungan dengan sel-sel jaringan tubuh. Fungsi pembulu kapiler:

  1. Pembuluh kapiler menghubungkan ujung pembuluh nadi terkecil (arteriola) dengan pembuluh balik terkecil (venula).
  2. Tempat pertukaran O2 dengan CO2
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url