Mengenal Ciri-Ciri Jamur Basidiomycota

Ciri jamur Basidiomycota adalah memiliki basidium. Kelompok jamur ini dikenal karena tubuh buahnya tampak jelas di permukaan tanah atau substrat lainnya. Tubuh buah bentuknya bermacam-macam, ada yang seperti payung, bola atau papan. Misalnya, jamur merang (Volvariella volvacea) dengan tubuh buah berbentuk payung. Secara umum, tubuh buah mempunyai 4 bagian, yaitu tangkai tubuh buah (stipe), tudung (pileus), volva, dan bilah (lamella). Stipe merupakan suatu massa miselium yang tumbuh tegak. Pileus merupakan bagian yang ditopang oleh stipe. Perhatikan bentuk tubuh Basidiomycota pada gambar dibawah ini (Campbell dkk).

bentuk tubuh basidiomycotina

Ciri-ciri Jamur Basidiomycota adalah;

Hifanya bersekat

Jamur Basidiomicota memiliki hifa yang bersekat dan mengandung mengandung inti haploid.

Tubuh buah bermacam-macam.

Tubuh buah Basidiomicota bermacam-macam ada yang berbentuk payung, bola atau papan. Bentuk buah yang seperti payung terdiri dari bagian batang dan tudung. Pada bagian bawah tudung tampak adanya lembaran-lembaran (bilah) yang merupakan tempat terbentuknya basidium. Tubuh buah disebut basidiokarp.

Bersifat, parasit, saprofit dan simbiosis

Ada yang bersifat parasit, saprofit, dan ada yang bersimbiosis dengan ganggang hijau dan ganggang biru membentuk lumut kerak.

Reproduksi seksual dan aseksual

Reproduksi secara seksual (dengan askospora) dan aseksual (konidia). Basidiomycota merupakan kelompok jamur yang pembentukan sporanya terjadi di atas sel yang disebut dengan basidium. Bentuk jamur umurnya ada yang seperti payung dan seperti kuping.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url