Teknologi MRI - Magnetic Resonance Image - Membatu Identifikasi Penyakit

MRI (Magnetic Resonance Image) Membatu Identifikasi PenyakitMRI merupakan suatu alat yang digunakan untuk memerikasa dan mendeteksi tubuh tanpa melakukan operasi. Teknologi MRI menggunakan interkasi antara inti hidrogen dalam tubuh dengan medan magnet untuk mendapatkan sinyal, selanjutnya sinyal ini akan diubah dalam bentuk citra/gambar. 

Proses terbentuknya citra atau gambar MRI. Mula-mula tubuh yang akan diperiksa dimasukkan kedalam medan magnet yang memiliki kekuatan 5.000 lebih kuat dari medan magnet bumi. Kuatnya medan megnet yang digunakan mengakibatkan inti-inti hidrogen yang terdapat dalam tubuh searah dan mengelilingi vektor medan magnet. 

Selanjutnya, dengan menggunakan gelombang frekuensi radio yang dipancarkan menembus permukaan tubuh sehingga inti hidrogen yang terdapat dalam tubuh menyerap energi gelombang tersebut. Apabila gelombang frekuensi radio dimatikan maka inti hidrogen akan melepaskan energi yang telah diserap, lepasnya energi tersebut menimbulkan pancaran gelombang radio yang akhirnya diterima dan diproses oleh kumputer sehingga menghasilkan pencitraan/gambar kondisi dalam tubuh. 

Contoh pemeriksaan MRI sesuai dengan organ yang akan diperiksa diantaranya sebagai berikut; 

  • Tulang belakang untuk melihat proses degenerasi (HNP), trauma, tumor, infeksidan kelainan bawaan. 
  • Otak untuk mendeteksi pendarahan, strok, infeksi, kelainan bawaan, gambaran fungsi otak, tumor, dan kelainan pada pembulu darah. 
  • Jantung dan pembuliuh darah untuk mendeteksi ketebalan dan gerakan dinding jantung, ukuran dan fungsi pada ruang jantung, penyakit jantung atau kerusakan akibat serangan jantung,
  • Pada bagian urat nadi dapat mendeteksi penyumbatan pembuluh darah, dan pembuluh darah yang melemah atau sobek.
  • Abdomen untuk mendeteksi hati, kantong dan saluran empedu, hati, pangkreas, organ ginekologis, limpa dan prostat.
  • Payudara untuk mendeteksi keberadaan sel kangker payudara. 
  • Dalam melakukan pemeriksaan MRI biaya yang digunakan bervariasi tergantung pada rumahsakit, kelas perawatan dan bagian tubuh yang akan diperiksa.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url