Pernyataan Yang Benar tentang Ciri Archaebacteria Kelompok Thermoa Cidophiles

Ciri Archaebacteria Kelompok Thermoa Cidophiles - Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang pengertian, ciri, bentuk dan ukuran sel, klasifikasi dan contoh Archaebacteria. Namun pada artikel ini akan menjawab pernyataan tentang ciri Archaebacteria dari kelompok Thermoa cidophiles yang sesuai, karena ciri-ciri dari ketiga kelompok Archaebacteria berbeda-beda. Untuk mempersingkat waktu silahkan simak artikel ini sampai habi.

Archaebacteria dapat digolongkan kedalam tiga kelompok, hal ini berdasarkan pada lingkungan ekstrim, yaitu;

Methanogens. Hidup pada lingkungan yang sedikit oksigen dan menghasilkan gas methan. Kelompok Methanogen hanya dapat hidup di lingkungan yang sedikit oksigen seperi dasar laut, dasar sungai, dasar selokan dll. Bakteri metanoen termasuk bakteri anaerob yang paling tidak toleran terhadapa oksigen atau akan teracuni bila ada oksigen. 

Thermoa cidophiles. Kelompok ini hidup di air yang bersuhu ekstrem yaitu 230 derajat Fahrenheit dan pH sangat asam yaitu dibawah 2. Kondisi optimum pertumbuhan  bakteri ini sekitar 600 C - 800 C. Contoh bakteri termofil adalah Bacillus caldotenax,  Sulfolobus, Bacillus caldoltycus dan Thermus aquaticus.

Halophiles. Kelompok ini hidup pada lingkungan yang bergaram yang sangat pekat  Kondisi optimum untuk pertumbuhan bakteri ini berkadar garam 20 %. Contoh Bakteri Halofil adalah Halobacterium. Archebacteria membantu pencernaan makanan pada ruminansia. Bakteri metanogen digunakan untuk degridasi limbah pada unit pengolahan limbah dan pembuatan kompos dan biogas. 

Contoh Soal

Pernyataan yang benar tentang ciri-ciri Archaebacteri kelompok Thermoa cidohiles adalah....

a. Hidup dilingkungan bergaram pekat 

b. Hidup didaerah bersuhu ektrim 230oF dan pH asam dibawah 2

c. Hidup di daerah yang sedikit oksigen dan menghasilkan gas methan

d. Hidup bergaram pekat dan bersuhu ekstrim 230oF

Pembahasan;

Ada 3 golongan pengelompokan Archaebacteri berdasarkan lingkungan ekstrim yaitu kelompok Methanogens, Thermoa cidophiles dan Halophiles. Adapun ciri masing masing kelopok yaitu; Methanogens hidup ditempat bergaram pekat dan menghasilkan gas methan, Thermoa cidophiles hidup di daerah bersuhu ekstrim 230oF dan pH asam dibawah 2 dan Halophiles hidup di daerah bergaram pekat. Berdasarkan hal ini maka pilihan a merupakan ciri Methanogens, pilihan c  Hidup di daerah yang sedikit oksigen dan menghasilkan gas methan, pilihan Hidup bergaram pekat dan bersuhu ekstrim 230oF tidak masuk kedalam ciri-ciri 3 kelompok bakteri. Maka ciri Archaebacteri kelompok Thermoa cidohiles adalah Hidup didaerah bersuhu ektrim 230oF dan pH asam dibawah 2.

Jawaban. b

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url