Memahami Pengertian Atom dan Perkembangan Teori Atom

Pengertian atom dan perkembangan teori atom - Ada beberapa pernyatan yang tentang atom. Apa itu atom  dan Teori perkembangan atom  Pernyataan tersebut akan Anda temukan jawabannya setelah membaca artikel ini karena dalam artikel ini akan diuraikan singkat dan jelas.

Atom berasal dari bahasa Yunani "atomos". Kata atomos berarti tidak bisa dibagi-bagi. Teori perkembangan atom dapat diuraikan sebagai berikut;

Teori Perkembangan atom;

John Dalton

Atom merupakan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi.

Joseph John Thomson

Atom merupakan bola bermuatan positif dan ditempat-tempat tertentu terdapat elektron-elektron yang bermuatan negatif seperti kismis dalam roti.

Ernest Rutherford

Atom berbentuk bola yang di tengah-tengahnya terdapat inti atom yang merupakan pusat muatan positif dan pusat massa, sedangkan elektron-elektron bergerak berputar mengelilingi inti atom.

Niels Bohr

Atom terdiri atas inti atom yang menjadi pusat massa atom dan pusat muatan positif, sedangkan elektron bergerak mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu (orbit).

Modern (Mekanika Gelombang)

Atom tersusun atas partikel subatom yaitu neutron (n), proton (p), dan elektron (e). Neutron dan proton membentuk inti yang padat sedangkan elektron berada di sekeliling inti yang bergerak dengan kecepatan hampir seperti kecepatan cahaya dan membentuk awan elektron yang disebut orbital.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url