Memahami Gerak Lurus Berubah Beraturan atau GLB

Gerak Lurus Berubah Beraturan atau GLB - Pada artikel sebelumnya telah diulas tentang macam-macam gerak pada benda, salah satunya adalah gerak lurus. Gerak lurus adalah gerak pada benda dengan lintasannya lurus atau garis lurus. Gerak lurus dikelompokkan atas dua  yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Pada artikel kali ini akan dibahas tentang Gerak Lurus Beraturan (GLB).

Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah gerak sebuah benda dengan lintasan lurus dengan waktu yang tetap. Gerak lurus beraturan pada sebuah benda pada kenyataannya sangat sulit ditemukan. misalnya sebuah mobil tidak akan dapat menempuh jarak yang sama dalam selang waktu yang tetap meski pada lintasan lurus yang lapang. saat-saat tertentu mobil dapat berjalan dengan cepat maupun lambat.

A. Jarak dan Perpindahan

Dalam kehidupan sehari-hari, istilah jarak dan perpindahan selalu diidentikkan. Namun pada kenyataannya kedua istilah tersebut terdapat perbedaan. Untuk lebih memahami perbedaan tersebut perhatikangambar dibawah ini:

Perhatikan gambar diatas. Upin dan Ipin berangkat kesekolah jika jarak rumah ke sekolah (AB) 400 m. Setelah tiba didepan pintu gerbang ternyata Upin dan Ipin lupa singgah dikios untuk membeli folpen. Akhirnya mereka berdua kembali ke kios untuk membeli folpen, jika jarak sekolah dan kios (BC) 200 m. Berdasarkan gerak yang dilakukan Upin dan Ipin tersebut, dapat dijelaskan perbedaan jarak dan perpindahan.

Jarak adalah panajang lintasan yang ditempuh oleh bendayang bergerak dari tiitk acuan (awal) ke titik akhir. Jarak digolongkan dalam besaran skalar, yaitu besaran yang hanya memiliki nilai tetapi tidak memiliki arah. Misalnya jarak yang ditempuh oleh Upin dan Ipin.

s = Jarak AB + jarak BC

   = 400 m + 200 M

   = 600 m

Jadi, jarak yang ditempuh Upin dan Ipin adalah 600 m

Perpindahan adalah perubahan kedudukan sutu benda dengan memperhatikan arah perubahan letak benda tersebut. Perpindahan digongkan dalam besaran vektor, yaitu besaran yang memiliki nilai dan arah. Misalnya perpindahan yang dilakukan Upin dan Ipin, maka:

Misalnya x adalah perpindahan dari A ke C

x = AB - BC

x = 400 m - 200 m

x = 200 m

Jadi, perpindahan yang dialami Upin dan Ipin sejauh 200 m.

B. Kelajuan dan Kecepatan

Sama halnya dengan jarak dan perpindahan, kelajuan dan kecepatan dalam kehidupan sehari-hari sering kurang diperhatikan. Kedua istilah tersebut dalam IPA terdapat perbedaan dlam penggunaannya. Kelajuan adalah perbandingan antara jarak yang telah ditempuh oleh suatu benda terhadap lama waktu yang telah dibutuhkan benda tersebut untuk bergerak. Kelajuan digongakn dalam besaran skalar, dengan rumus sebagai berikut:

Contoh soal.

Agung mengendarai sebuah mobil melewati tiga tempat berurutanyang berjarak 300 meter dalam selang waktu 10 sekon. Berapakah kelajuan mobil tersebut...?

Kecepatan adalah gerakan suatu benda yang memperhatikan nilai dan arah, sehingga kecepatan dikelompokkan dalam besaran vektor dengan rumus sebagai berikut :

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url