Macam-Macam Gerak Pada Benda Beserta Contohnya : IPA

Macam - Macam Gerak Pada Benda Beserta Contohnya
Macam-Macam Gerak Pada Benda Beserta Contohnya - Dalam kehidupan sehari-hari, kamu sering malakukan kegiatan misalnya, pergi kesekolah, kepasar, ke tempat-tempat ibadah, berkunjung kerumah teman, bermain, dan kegiatan-kegiatan lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Semua kegiatan tersebut tentu membutuhkan gerak. Suatu benda dikatakan bergerak apabila benda tersebut mengalami perpindahan atau perubahan posisi dari titik acuan sedangkan benda dikatakan diam apabila benda tersebut tidak mengalami perpindahan atau perubahan posisi dari titik acuan.

Dari konsep tersebut dapat disimpulkan bahwa Gerak dapat didefenisikan sebagai perubahan posisi atau kedudukan suatu benda terhadap titik acuan tertentu. Titik acuan merupakan titik yang dilakukannnya pengamatan.

Berdasarkan acuannya, gerak pada benda dibedakan menjadi dua yaitu gerak sebenarnya dan gerak semu.

a. Gerak sebenarnya. Gerak sebenarnya merupakan gerak benda yang ditinjau dari acuan yang diam dan enda berubah kedudukan. Contoh, buah jatuh dari pohonnya, kerata api bergerak terhadap stasiun dan pesawat bergerak dari bandara.

b. Gerak semu. Gerak semua adalah gerak benda yang sesungguhnya diam, tetapi seolah-olah bergerak karena pengamat berada dalam situasi sistem yang bergerak. Contoh, Gerak pohon-pohon ditepi jalan ketika kita naik kendaraan dan matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat.

Berdasarkan lintasannya, gerak dibedakan atas 3 yaitu gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola.

Gerak lurus adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus, contoh pelari jarak pendek dengan lintasan yang lurus.

Gerak melingkar adalah gerak yang lintasannya melingkar, contoh gerak jarum jam.

Geak parabola adalah benda yang lintasannya berbentuk lingkaran yang tidak penuh, contoh peluruh yang ditembakan dari sebuah senapan dan panah yang dipanahkan lepas dari busurnya akan membentuk sudut elevasi atau kemiringan tertentu.

Gerak lurus dikelompokan menjadi 2 yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). 

Gerak lurus beraturan atau GLB adalah gerak pada benda dengan lintasan lurus, sehingga benda tersebut menempuh jarak yang sama dalam selang waktu tetap, untuk lebih jelasnya materi ini akan dikaji dalam artikel tentang Gerak Lurus Beraturan (GLB).

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatan yang berubah secara beraturan sehingga percepatan benda bernilai tetap, untuk lebih jelasnya materi ini akan dikaji dalam artikel tentang Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url