Ada 3 Sifat Interaksi Bahan Terhadap Magnet

Ada 3 Sifat Interaksi Bahan Terhadap Magnet - Pertama kali magnet ditemukan dialam dalam bentuk batu yang disebut Lodestone. Magnet dapat dibuat sesuai kebutuhan manusia. Terdapat dua jenis magnet yakni magnet alam dan magnet buatan. 

Kedua jenis tersebut memiliki sifat yang sama yakni dapat menarik benda atau bahan magnetik seperti besi, baja, nikel dan lain-lain. Berdasarkan sifat interaksi bahan terhadap magnet diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu Feromagnetik, Diamagnetik dan Paramagnetik. 

1. Bahan Feromagnetik

Bahan feromagnetik merupakan benda-benda atau bahan-bahan yang sangat mudah dipengaruhi oleh magnet atau sangat kuat dipengaruhi oleh magnet. Bahan dalam feromagnetik teridiri atas logam murni maupun logam campuran. Logam murni yang bersifat feromagnetik yaitu besi, baja, nikel dan kobalt. Sedangkan logam campuran yang bersifat feromagnetik yaitu baja-nikel, besi-nikel, baja-kobalt, aluminium-nikel-kobalt dan besi-nikel-kobalt. 

2. Bahan Paramagnetik

Bahan paramagnetik merupakan benda-benda atau bahan-bahan yang dapat ditarik kuat oleh magnet. Contoh benda atau bahan yang tergolong dalam paramagnetik yaitu magnesium, molibdenum, lithium, mangan, platinum, platina, timah, oksigen dan udara. 

3. Bahan Diamagnetik

Bahan diamagnetik merupakan benda-benda atau bahan-bahan yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Contoh benda atau bahan diamagnetik yaitu perak, emas, tembaga, bismut, antimon, seng murni, raksa, timbal, air, fosfor, raksa, perak, timbal, tembaga dan emas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url