RPP 1 Lembar Revisi 2020 Antropologi Kelas XI Semester 1 dan 2

RPP 1 Lembar Revisi 2020 Antropologi Semester 1 dan 2.
Guru memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membentuk jiwa dan karakter peserta didik secara khusus dan generasi bangsa secara umum. Guru memiliki tugas umum maupun tugas khusus dalam rangka meningkatkan kualitas peserta didik. Tugas guru secara khusus mencakup sebagai pengajar, pendidik dan sebagai pemimpin.

Ditinjau dari tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, guru dapat merancang program pengajaran, melaksanakan program pengajaran dan mengevaluasi program pengajaran yang telah dilaksanakan. Salah satu guru sebagai perancang program pengajaran adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, hal ini sesuai dengan konsep yang dituangkan dalam Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013. Perancangan RPP dilakukan sebelum masuk tahun ajaran berikutnya dengan tujuan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar dilekas dengan tujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Antropologi Kelas XI Semester 1 dan 2 semula mencapai puluhan halaman setiap tatap muka, tetapi pada RPP yang terbaru mengalami perubahan dimana RPP diringkas sedemikian rupa untuk memudahkan pendidik dalam melakukan perancangan pembelajaran menjadi 1 lembar. Hal ini dituangkan dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP.

Mengacu pada surat edaran Mendikbud tersebut, perancanagn pembelajaran mencakup 3 poin utama yaitu;

Poin 1. Menyebutkan bahwa penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif dan mengacu pada murid.

Poin 2. Menyebutkan bahwa dari 13 poin komponen RPP yang telah diatur dalam Pereturan Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Daasar dan Menengah disederhanakan menjadi 3 poin yaitu;
  • Tujuan pembelajaran
  • Langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran
  • Penilaian pembelajaran (asesment) yang wajib dilaksanakan oleh guru sedangkan kompetensi yang lainnya bersifat pelengkap.
Poin 3. Sekolah kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP) dan individu, secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangnkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan murid.

Poin 4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka l, 2, dan 3

Meskipun demikian, RPP 1 Lembar Antropologi SMA maupun mata pelajaran dan jenjang lainnya dapat menambahkan komponen-komponen lain yang relevan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dikelas hal ini sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 poin 3.

Penyederhanaan RPP yang tidak memberikan format baku tentang penyusunan RPP 1 lembar, meskipun demikian perancangan RPP 1 Lembar yang harus dibuat oleh guru mengacu pada tiga komponen utama yaitu, tujuan pembelajaran, Langkah-langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran.

Komponen RPP 1 Lembar Antropologi Kelas XI Semester 1 dan 2 K13 Revisi Terbaru. 
Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang komponen inti yang harus termuat dalam RPP 1 Lembar yang dirancang oleh guru mata pelajaran sebagai pendidik ialah tujuan pembelajaran, Langkah-langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Admin akan menjelaskan secara singkat tentang komponen-komponen tersebut.

1.Tujuan Pembelajaran.
Komponen pertama dalam penyusunan RPP 1 Lembar Antropologi SMA adalah tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar-mengajar yang harus ada dalam RPP yang dirancang. Tujuan pembelajaran sebagai tolak ukur untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan guru sebagai pendidik dan siswa sebagai terdidik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan setelah proses pembelajaran dilaksanakan.

Dalam merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan pada kompetensi dasar materi yang akan diajarkan dengan memperhatikan kaidah-kaidah atau kriteria dalam penyusunananya baik secara jelas dan tegas yang didalamnya mencakup Audience, Behivor, Condition dan Degree.

2. Kegiatan Pembelajaran.
Kegitan pembelajaran merupakan komponen kedua yang harus ada dalam penyusunan RPP 1 Antropologi SMA. Kegiatan pembelajaran merupakan rangkain kegiatan pendidik dan peserta didik yang terjadi melalui proses timbal balik. Kegiatan pembelajaran berisi tentang langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan sintak metode pembelajaran yang digunakan dan dibagi dalam tiga tahap kegiatan yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.

Pada komponen ini akan menggambarkan segala aktivitas yang dilakukan guru sebagai pendidik dan siswa selama proses belajar mengajar, yang dimulai dari awal hingga akhir kegiatan proses belajar mengajar. Pada tahap ini akan menjadi penentu keberhasilan kegiatan pembelajaran yang lakukan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang guru memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan agar langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran searah dengan pencapain tujuan pembelajaran yang diajarkan.

3.Penialain Pembelajaran.
Kompnen terakhir yang harus ada dalam RPP 1 Lembar Antropologi SMA ialah penilaian pembelajaran. Pada tahap ini gutru melakukan penialain terhadap proses dan hasil belajar mengajar guna mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Penilain pembelajaran mengacu pada tujuan pembelajaran yang telah dilakukan dengan menerapkan berbagai macam tehnik dan metode penilaian yang sesuai.

Hasil dari penilain pembelajaran ini dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan keberhasilan peserta didik dalam mengikuti proses belajar mengajar dan dapat digunakan sebagai refleksi bagi guru untuk melakukan peningkatan terhadap hal-hal yang harus dilakukan dalam proses belajar mengajar agar kualitan proses belajar mengajar menjadi lebih baik lagi.

Pada kesempatan ini admin akan membagikan RPP Antropogi Kelas XI Semester 1 dan 2 Revisi Terbaru yang dapat digunakan oleh guru SMA atau sederajat. RPP yang admin bagikan ini lengkap 1 lembar semester 1 dan 2, yang disimpan pada google drive, silakan download gratis pada link dibawah ini.

RPP Luring 1 Lembar SMA Antropogi Kelas XI Semester 1 dan 2 – [Unduh]

Demikianlah artikel tentang RPP 1 Lembar Revisi 2020 Antropogi Kelas XI Semester 1 dan 2, semoga dengan hadirnya artikel ini dapat membantu bapak dan ibu guru dalam menyiapkan administrasi pembelajaran dikelas, sehingga dalam prosesnya dapat berlangsung dengan baik dan pada akhirnya tercapainya Tujuan Pendidikan Nasional.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url