Peran Penting Tanah Bagi Kehidupan di Alam

Peran Penting Tanah Bagi Kehidupan di Alam - Tanah merupakan media tumbuh bagi tumbuhan, namun selain sebagai media tumbuh tanah juga memiliki peran sebagai tempat hidup organisme tanah, penyedia kebutuhan manusia dan sebagai penyedia dan penyaring air.

Namun untuk mengetahui apa saja peran tanah secara keseluruhan, admin akan menguraikannya dalam artikel ini. Untuk itu pentingnya membaca artikel ini sampai selesai.

Peran penting tanah bagi kehidupan dialam adalah sebagai berikut;

1. Sebagai temat hidup organisme tanah

Tanah berfungsi sebagai tempat hidup organisme-organisme tanah. Adapun organisme yang hidup didalam tanah terdiri atas hewan dan mikro organisme tanah. 

Terdapat beberapa jenis hewan yang hidup didalam tanah, baik yang berukuran besar (makrofauna) dan hewan yang berukuran kecil (mikrofauna). Kelompok makrofauna tanah Annelida contoh cacing, Molusca contoh bekicot, Insekta contoh semut dan Myriapoda contoh Spirobolus s.p. Sedangkan kelompok mikrofauna tanah Nemathehelminthes contoh cacing gilig.

Mikroorganisme tanah merupakan organisme dengan ukuran kecil yang tidak dapat dilihat sEcara langsung dengan mata kecuali dengan mengguanakan alat bantu.  Contoh kelompok protista (Amoeba, Cilliata dan Flagelata) dan kelompok bakteri (Nitrosomonas, Nitrobacter dan Rhizobium).

2. Penyedia keperluan manusia

Peran tanah sebagai penyedia keperluan manusia diantaranya; sebagai tempat tinggal dan melakukan aktivitas; digunakan sebagai bahan baku untuk membuat barang kerajinan dan perabot rumah tangga; digunakan sebagai bahan bangunan; dan tempat hidup hewan dan tumbuhan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia

3. Penyedia dan penyaring air

Sumber berasal dari dalam tanah, meskipun air terdpat diatas permukaan tanah. Air berperan penting bagi tumbuhan, hewan dan manusia. Fungsi tanah sebagai penyaring dalam prosesnya melibatkan mikroorganisme yang hidup di dalam. Mikroorganisme penyaring limbah adalah cacing tanah dan luing

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url