Mengidentifikasi 4 Komponen Penyusun Tanah

Mengidentifikasi 4 komponen penyusun tanah - Ada pernyataan tentang Apa itu tanah dan Apa saja komponen penyusun tanah ?. Semua pernyataan ini akan Anda dapatkan jawabannya setelah membaca secara tuntus artikel ini, karena dalam artikel ini akan diulas tentang pernyataan-pernyataan tersebut.

Tanah merupakan bagian permukaan bumi yang menjadi salah satu media tempat tumbuh bagi tumbuhan untuk kemaslahatan manusia dan makhluuk hidup lainnya. Tanah juga sering disebut sebagai kulit bumi untuk tempat tumbuhan hidup. 

Tanah memiliki peranan penting bagi kelangsungan kehidupan dimuka bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan meyediakan unsur hara dan air untuk kelangsungan hidup tumbuhan. Materi tentang fungsi tanah dapat dibaca pada artikel tentang peran tanah dan fungsinya yang merupakan artikel yang sudah diuraikan sebelumnya.

Sbegai media tumbuh tumbuhan dan organisme lain, tanah memiliki struktur/komponen penyusun sebagai berikut;

1. Bahan Mineral (45%)

Batuan merupakan bahan bersifat padat yang terbentuk secara alami. Batuan tersusun atas mineral dan senyawa lain dengan berbagai komposisi. Batuan akan mengalami pelapukan sehingga menjadi komponen penyusun tanah. Batuan dalam tanah sekitar 45% dari volume tanah.

Ahli geologi membagi batuan menjadi tiga jenis batuan berdasarkan proses terbentuknya yaitu;

Batuan beku merupakan batuan yang terbentuk dari magma yang mengalami pembekuan. Batuan sedimen merupakan batuan batuan yang terbentuk akibat pengendapan atau hasil pelapukan atau pengikisan air atau tiupan angin. Batuan metamorf merupakan batuan yang terbentuk dari batuan beku dan batuan sedimen karena mengalami perubahan akibat adanya panas dan tekanan.

2. Udara (25%)

Udara merupakan campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi dan mengelilingi bumi. Udara yang terdapat didalam tanah memungkin organisme didalam dapat hidup dan melakukan metabolisme. 

Udara didalam tanah terdapat diantara partikel atau butiran tanah, diantara batuan yang ada di dalam tanah, diantara batuan dan partikel tanah, diantara tanah dan akar tumbuhan dan diantara akar tumbuhan dengan batuan. Udara didalam tanah memiliki. Keberadaaan udara dalam tanah sekitar 25% dari volume tanah. 

3. Bahan Organik (5%)

Humus merupakan komponen organik yang dihasilkan dari proses dekomposisi oleh organisme tanahyang berasal dari hewan atau tumbuhan yang mati, daun yang gugur maupun dari kotoran hewan. Humus didalam tanah sekitar 5% dari volume tanah.

4. Air (25%)

Air merupakan komponen zat cair yang menyeraf didalam tanah dan bersifat dinamis. Sifat dinamis yang dimiliki air sama dengan sifat dinamis yang dimiliki oleh udara. Air didalam tanah menempati pori-pori tanah sama halnya dengan udara. Keberadaan air didalam tanah sekitar 25% dari volume tanah. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url