4 Urutan Lapisan Matahari Dari Yang Paling Dalam Hingga Paling Luar

Urutan Lapisan Matahari Dari Yang Terdalam Hingga Yang Terluar- Apa itu matahari ? Apa saja lapisan penyusun matahari ? Pernyataan-pernyatan tersebut akan terjawab ketika Anda memahami materi yang kami sajikan dalam artikel ini.

Matahari adalah pusat tata surya. Matahari berupa bola pijar dengan panjang diameter 109 kali panjang diameter bumi. Adapun urutan lapisan matahari dari dalam keluar terdiri atas lapisan inti; lapisan fotosfer; lapisan kromosfer; dan lapisan korona.

1. Lapisan Inti

Inti matahari merupakan bagian yang terdalam dari matahari. Inti matahari memiliki suhu 15 juta oC (derajat Celcius). Inti matahari memiliki ukuran seperempat dari jarak dari pusat kepermukaan dan memiliki volume dengan kepadatan berkisar 150 g/cm3. Pada lapisan ini terjadi reaksi fusi  yaitu reaksi pemecahan atom-atom menjadi elektron, proton dan neutron. Hasil dari reaksi tersebut akan dipancarkan keluar secara radiasi. 

2. Lapisan fotosfer

Lapisan fotosfer merupakan lapisan yang dapat dilihat dari permukaan bumi. Lapisan ini disebut juga lapisan cahaya. Cahaya yang dipancarkan lapisan fotosfer mampu mengalahkan lapisan korona. Oleh karena itu cahaya yang dipancarkan korona tidak terlihat oleh mata. Lapisan fotosfer memiliki suhu kurang dari 6.000 oC. Lapisan fotosfer berupa bola gas yang memiliki ukuran yang sangat besar dengan ketebalan 320 km.

3. Lapisan Kromosfer

Kromosfer merupakan lapisan yang terletak diatas lapisan fotosfer dan bertindak sebagai atmosfer matahari. Lapisan kromosfer memiliki ketebalan 16.000 km dan suhunya mencapai lebih kurang 9.800 0C. Ketika terjadi gerhana matahari total, lapisan kromosfer berbentuk gelang merah yang mengelilingi bulan.

4. Lapisan Korona

Korona merupakan lapisan yang paling luar dari atmosfer matahari. Korona memiliki suhu lebih kurang 1.000.000 0C  Koronta terlihat ketika terjadi gerhana matahari total, karena pada keadaan ini hampir semua cahaya matahari tertutup oleh bulan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url